Cara Memadukan Warna yang Selaras Dengan Sangat Mudah

    Memadukan warna memang bukan hal yang susah susah gampang, asalakan tau tekniknya, hal tersebut sangatlah mudah, Karena hanya perlu melihat table warna saja.



Nah sebelum ke trik memadukan warna saya berikan ulasan singkat tentang warna


Pengertian Warna

    Warna ialah spektrum khusus yang terkandung di cahaya sempurna (berwarna putih). Identitas  warna ditentukan panjang gelombang cahaya tersebut. Sebagai contoh warna biru mempunyai panjang gelombang 460 nanometer.

    Panjang gelombang warna yang masih dapat ditangkap mata manusia berkisar antara 380-780 nanometer.

    Di peralatan optis, warna dapat pula diartikan sebagai interpretasi otak terhadap campuran tiga warna primer cahaya: merah, hijau, biru yang digabungkan di komposisi khusus. Contohnya pencampuran 100% merah, 0% hijau, dan 100% biru akan menghasilkan interpretasi warna magenta.

    Pada seni rupa, warna dapat diartikan sebagai pantulan khusus dari cahaya yang dipengaruhi dari pigmen yang terkandung di permukaan benda. Contohnya pencampuran pigmen magenta dan cyan dengan proporsi tepat dan disinari cahaya putih sempurna akan menghasilkan sensasi mirip warna merah.

    Tiap warna dapat menyediakan kesan dan identitas khusus sesuai kondisi sosial pengamatnya. Contohnya warna putih akan menyediakan kesan suci dan dingin di daerah Barat karena berasosiasi dengan salju. Sementara di kebanyakan negara Timur warna putih menyediakan kesan kematian dan sangat menakutkan karena berasosiasi dengan kain kafan (meskipun secara teoretis sebenarnya putih bukanlah warna).

  Di ilmu warna, hitam dianggap sebagai ketidakhadiran seluruh jenis gelombang warna. Sementara putih dianggap sebagai representasi kehadiran seluruh gelombang warna dengan proporsi seimbang. Secara ilmiah, keduanya bukanlah warna, meskipun dapat dihadirkan pada bentuk pigmen.


Nah untuk dapat memadukan warna dengan baik, kita juga perlu tau pengelompokan warna, nah pelajari di bawah ini

Pengelompokan Warna

    Warna netral, ialah warna-warna yang tidak lagi mempunyai kemurnian warna atau dengan kata lain bukan merupakan warna primer maupun sekunder. Warna ini adalah campuran ketiga komponen warna sekaligus, tetapi tidak pada komposisi tepat sama.

   Warna kontras atau komplementer, ialah warna yang menyediakan kesan berlawanan satu dengan lainnya. Warna kontras dapat didapatkan dari warna yang berseberangan (memotong titik tengah segitiga) terdiri dari warna primer dan warna sekunder. Tetapi tidak menutup kemungkinan juga membentuk kontras warna dengan menelaah nilai maupun kemurnian warna. Contoh warna kontras ialah merah dengan hijau, kuning dengan ungu dan biru dengan jingga.

   Warna panas, ialah kelompok warna pada rentang setengah lingkaran di lingkaran warna mulai dari merah hingga kuning. Warna ini menjadi simbol, riang, semangat, marah dsb. Warna panas mengesankan jarak yang dekat.

   Warna dingin, ialah kelompok warna pada rentang setengah lingkaran di lingkaran warna mulai dari hijau hingga ungu. Warna ini menjadi simbol kelembutan, sejuk, nyaman dsb. Warna dingin mengesankan jarak yang jauh.


   Untuk dapat memadukan warna dengan baik untuk mendapatkan keindahan, kita juga perlu belajar tentang warna dasar berikut ini

Berikut anda tampilkan warna dasarnya :


   Warna primer: merah, biru dan kuning. Ini ialah warna-warna yang tidak dapat dihasilkan dengan menggunakan warna-warna lain.

  Warna sekunder: hijau, jingga dan ungu. Warna-warna ini dibuat dengan mencampurkan warna primer dengan kombinasi berbeda.


   Warna sekunder dan tersier: kuning-jingga, merah-jingga, merah-ungu, biru-ungu, biru-hijau, dan kuning-hijau. Warna-warna ini dihasilkan dengan mencampur satu warna primer dengan satu warna sekunder.



Nah berikut ini adalah gambar warna yang digunakan sebelum anda mencoba memadukan warna


bagan warna

dari warna dasar tersebut anda bisa mendapatkan berbagai macam warna secara acak, utk pedoman paduan warna bisa anda kelompokan sebagai berikut :

Monochromatic Color

Monochromatic Color adalah perpaduan Sebagian warna yang bersumber dari satu warna dengan nilai dan intensitas yang berbeda. Contoh : hijau bila dikombinasikan dengan warna hijau dengan nilai dan intensitas yang berbeda akan menciptakan suatu perpaduan yang harmonis dan menciptakan kesatuan yang utuh pada desain.

Warna Analog

Warna analog adalah kombinasi dari warna-warna terdekat. Contoh : warna merah akan serasi dengan warna oranye, dan oranye akan terlihat harmonis dengan warna kuning. Begitu juga bila kuning dipadukan dengan hijau atau biru bila dipadukan dengan ungu, dan ungu bila dikombinasikan dengan pink.

Warna pelengkap

Sebagian desain butuh sebuah nilai kontras yang cukup untuk menarik perhatian lebih dari pembaca visual. Saat itulah anda menggunakan kombinasi dari warna-warna pelengkap. Contoh : biru dan oranye, merah dan hijau, dll.

Warna Triad

Teori roda warna tersebut menjelaskan bagaimana warna-warna dasar melahirkan berbagai warna baru diseandarnya. Cukup ampuh bila anda ingin bermain dengan variasi warna-warna yang berbeda. Ada banyak sekali kombinasi warna selain warna dasar untuk membuat sebuah desain tampak unik dan berbeda dari biasanya. Contoh : Peleburan warna kuning dan oranye, oranye dan merah, merah dan pink (merah muda), pink dan biru, dan seterusnya.
warna HITAM PUTIH tidak perlu lagi anda singgung karena warna ini di ilmu desain bisa dibilang antara ada dan tiada. sangat dasar sekali di ilmu warna, dan bisa anda katakan bukan warna.



Untuk lebih menarik memadukan warna maka ada yang anda kenal dengan istilah sebagai berikut :

Ruang pada Warna

Warna dapat dipengaruhi ruang dan bentuk, sekaligus juga mempengaruhi kesan yang disampaikan pada warna. contohnya, coba berikan warna yang sama pada dua buah bentuk yang berbeda (lingkaran dan garis). Pada lingkaran, warna akan terlihat lebih terang sedangkan pada garis akan terlihat lebih gelap. Hal ini disebabkan besar ruang pada lingkaran lebih luas daripada garis, sehingga mata menangkap sebuah ruang luas dengan asumsi terang, meskipun warna yang diberikan adalah warna yang sama. Ini adalah respon naluriah pada mata pada saat menyikapi suatu kesan pada sebuah visual.

Kontras Warna
Kontras pada warna dapat dipengaruhi dari warna lain diseandarnya. Teorinya sangat sederhana : Kontras = Gelap VS Terang. Contohnya, letakkan sebuah persegi kecil berwarna kuning tersebut background berwarna hitam, maka nilai kontras akan meningkat dan persegi berwarna kuning akan dengan mudah terlihat. Sebalinknya, ganti background dengan warna putih, maka nilai kontras akan menurun dan persegi akan sulit untuk dilihat.

Psikologi Warna
Warna dapat mewakili karakter dan perasaan-perasaan khusus. Contoh, merah menyediakan kesan agresif, gairah, panas dan cepat. Hitam menyediakan kesan misteri, kelam, dan canggih. Dengan mempelajari psikologi warna, anda dapat menyesuaikan desain dengan target yang dituju, komunikasi visual yang efektif, dan membangun suatu kesatuan rasa kepada pembaca visual.

Bidang Warna
Garis Outline pada sebuah bidang berfungsi sebagai pembatas warna agar tidak terlihat menyebar keselilingnya. Semakin tipis garis outline yang diberikan, maka semakin tersebar warna ke area luar bidang. Sebaliknya, semakin tebal outline, maka akan semakin tegas warna yang terdapat pada suatu bidang.

0 Response to "Cara Memadukan Warna yang Selaras Dengan Sangat Mudah"

Post a Comment